Micorosft mulai memperkenalkan Windows 10 pada tanggal 1 okober 2014 dan dirilis dalam tahap priview, sejak kehadirannya tersebut Windows 10 sudah menerima banyak masukan dari jutaan insider yang sudah lebih dulu menjajalnya. dan kini Microsoft sudah mulai siap merilis Windows 10 versi final ke publik.

Tanggal Perilisan
Microsoft sudah mengkonfirmasi tanggal perilisan Windows 10 secara resmi, yakni pada tanggal 29 juli 2015, pastikan anda mencatat tanggal tersebut untuk agar tidak lupa saat upgrade ke Windows 10 nanti.

Harga Windows 10
Microsft memang belum mengumumkan secara resmi harga yang akan dibandrol pada sistem operasi terbarunya tersebut, namun salah satu situs belanja online ternama, yakni newegg telah mencantumkan harga yang akan dibandrol pada Windows 10. yakni seharga $149.99 atau sekitar 1,9 jutaan untuk Windows 10 pro OEM dan untuk Windows 10 edisi Home dibandrol seharga $119 atau sekitar 2,6 jutaan.

System Requirement
Sebelum anda mulai upgrade ke Windows 10, ada baiknya untuk melihat dulu apakah hardware yang anda miliki telah memenuhi standart requirement Windows 10, hal ini untuk memastikan agar nantinya Windows 10 bisa berjalan dengan lancar. berikut ini system requirement yang dibutuhkan untuk dapat menginstal Windows 10.
Processor : 1 gigahertz (GHz) or faster processor or SoC
RAM : 1 gigabyte (GB) for 32-bit or 2 GB for 64-bit
Hard disk space : 16 GB for 32-bit OS 20 GB for 64-bit OS
Graphics card : DirectX 9 or later with WDDM 1.0 driver
Display : 1024×600

Edisi Windows Yang Dapat Upgrade Gratis
Windows 10 dipastikan akan bisa dinikmati gratis oleh para pengguna sebelumnya, namun hanya Windows 7 sp 1 dan Windows 8.1 saja yang dapat update gratis, sedangkan untuk para pengguna dengan versi Windows lainnya seperti Windows xp, Windows vista, Windows 7 RTM, Windows 8 dan Windows 8 1 RTM harus menginstal ulang kembali agar bisa mendapatkan upgrade gratis ke Windows 10.

Lisensi Yang Sah Agar Bisa Upgrade Gratis
Lisensi yang disahkan Microsoft untuk bisa mendapatkan upgrade gratis ke Windows 10 adalah lisensi OEM dan Retail saja, dan untuk pengguna yang memiliki lisensi lain seperti MAK dan KMS server tidak bisa menikmati upgrade gratis, namun untuk mereka yang mempunyai software assurance maka bisa menikmati upgrade gratis ke Windows 10 dengan menggunakan jalur khusus.

Windows Bajakan Bisa Upgrade Gratis
Untuk para pengguna Windows yang memakai lisensi bajakan tetap akan bisa upgrade ke Windows 10, hanya saja setelah melakukan upgrade akan ada watermark yang bertuliskan Not Genuie hal ini untuk menandakan jika lisensi tersebut tidak asli.
Anggota Insider Tidak Mendapatkan Upgrade Gratis
Sebelumnya sempat heboh tentang anggota insider akan bisa mendapatkan upgrade ke Windows 10 secara gratis, namun Microsoft telah mengkonfimasi jika para anggota Windows Insider tidak akan mendapatkan upgrade gratis kecuali bagi mereka yang mempunyai lisensi yang valid.

Itulah 7 fakta yang wajib diketahui tentang Windows 10, dan perlu diketahui, Windows 10 merupakan OS terakkhir dari Microsoft yang artinya tidak akan ada lagi Windows 11, Windows 12, Windows 13 dan seterusnya, namun bukan berarti tidak akan ada update lagi, Microsoft akan tetap mengupdate kemanan dan fitur-fitur baru kedepannya, namun tetap dengan nama Windows 10.

Author

Write A Comment